Tips Perawatan Wajah Berminyak dan Berjerawat yang Bisa Kamu Coba | Update Juni 2020


Agar masalah kulit berminyak dan berjerawat tidak semakin membuatmu gundah.


Kulit berminyak dan berjerawat penuh dengan tantangan. Foto: Unsplase/Melanie Kreutz

Menemukan rangkaian perawatan kulit wajah sama Seperti mencari jodoh, sifatnya cocok-cocokan. Formula yang bekerja di satu orang belum tentu bekerja di kulit orang lain. Maka dari itu, perjalanan menemukan produk dan rangkaiannya penuh dengan uji coba. Apalagi kalau ada masalah kulit khusus yang kita alami, misalnya kerut halus atau jerawat.

Namun demikian, dengan banyaknya produk yang tersedia di pasaran, kini kita bisa mencoba lebih banyak dan lebih cepat untuk tahu rangkaian perawatan kulit wajah yang cocok untuk kita pakai.

Memiliki Kilit Berminyak dan Berjerawat adalah Berkah Sekaligus Tantangan

Kenapa saya hanya menulis tentang kulit wajah berminyak dan berjerawat? Simply karena kulit wajahku tipe yang berminyak dan berjerawat, sehingga semua yang aku tulis berdasarkan pengalaman pribadiku. 

Sedikit tentang jenis kulitku. Kulitku dianugerahi tipe sangat berminyak dan rentan berjerawat, serta sangat sensitif dengan produk mengandung alkohol. Sekali saja lupa membersihkan wajah, besoknya jerawat dan komedo langsung timbul. 

Baca juga #Fundamenstyle: Tips Perawatan Diri dari Tom Ford

Kadang kalau terlalu banyak mengonsumsi produk susu, jerawat juga lebih mudah timbul. Saya kurang tahu penyebabnya, tapi hal itu kerap dirasakan setelah observasi bertahun-tahun.

Jujur, hingga hari ini saya belum menemukan formula terbaik untuk merawat kulit wajah yang berminyak dan berjerawat. Tapi ada beberapa produk yang sangat membantu untuk meredam potensi jerawat muncul.

Lalu, Kenapa Kulit Berminyak Cenderung Berjerawat Butuh Dirawat?

Kulit berminyak dan berjerawat butuh perhatian khusus. Foto: Freepik

Perawatan wajah untuk kulit berminyak dan berjerawat bukan untuk menyembuhkan masalahnya dalam waktu singkat, namun untuk meredam potensi kelebihan minyak yang menjadi salah satu penyebab utama jerawat pada kulit. Ada banyak strategi yang bisa kita lakukan, tips yang saya tulis adalah rangkaian perawatan yang saya uji coba beberapa bulan belakangan di tahun 2020 ini.

Baca juga: Makeup Ringan Sehari-Hari dengan Mineral Botanica

Agar mendapatkan gambaran lengkap mengenai rangkaian perawatannya, kita akan bahas satu-persatu dari pagi hari hingga malam hari. Mari kita mulai! 

Rangkaian Perawatan Kulit Berminyak dan Berjerawat | Pagi Hari


1. Membersihkan wajah dengan metode double cleansing

Saya biasa mencuci muka dengan susu pembersih dan micellar water lalu dilanjutkan dengan sabun wajah yang lembut. Saya lebih suka sabun wajah dengan busa sedikit agar kulit terhindar dari kekeringan. Selain itu, sabun wajah dengan busa lebih sedikit juga mengurangi potensi kulit merah atau iritasi karena sensitif.

Jika kamu punya jenis kulit seperti saya, mungkin bisa coba Sensatia Botanicals Unscented Soapless (Rp 130.000-,) yang ditujukan untuk kulit sensitif. Kulit rasanya lembut sekali setelah pemakaian. Sejak akhir tahun lalu, saya sudan menghabiskan empat botol, lumayan awet karena teksturnya gel kental.

2. Menyegarkan dan Mengembalikan pH kulit wajah

Percayalah, toner wajah sangat berfungsi untuk mempersiapkan kulitmu sebelum lanjut ke produk selanjutnya. Ada banyak toner dengan fungsi spesifik, beberapa di antaranya adalah melembapkan dan mengeksfoliasi. Sejauh ini saya belum berinvestasi banyak untuk produk toner. Saya menggunakan produk dasar seperti cleansing toner (dipakai setiap hari) dan exfoliating toner (dipakai dua atau tiga hari sekali).

Cleansing toner: Viva Face Tonic Cucumber (Rp 8.000-,)
Exfoliating toner: Avoskin Miraculous Refining Toner (Rp 169.000-,)

3. Mempersiapkan wajah untuk rangkaian produk selanjutnya

Setelah menggunakan penyegar wajah, saya biasa menggunakan esens atau serum. Setelah satu bulan pemakaian, saya merasa kalau dua produk ini tidak bisa digunakan berbarengan di kulit saya. Maka dari itu, biasanya esens dan toner saya gunakan selang-seling pada hari yang berbeda.

Esens yang saya gunakan adalah Avoskin Facial Hydrating Treatment Essence (Rp 129.000-,/30ml). Produk lokal yang menurut saya dijual dengan harga terjangkau dan memberi efek cerah serta lembap yang tidak berlebihan. Yang menariknya lagi, Avoskin menyediakan ukuran kecil agar kita bisa mencobanya terlebih dahulu. Kalau cocok baru beli ukuran yang lebih besar.

Serum juga saya menggunakan produk dari Avoskin, yaitu Avoskin Miraculous Refining Serum (Rp 219.000-,). Serum berbentuk ampul dan berwarna putih pekat. Walau pekat, produknya cepat menyerap tanpa rasa lengket. Kandungan AHA, BHA, dan PHA-nya bekerja lebih baik jika digunakan bersamaan dengan toner-nya.

4. Melembapkan wajah

Jujur, saya belum punya pelembap yang benar-benar cocok di wajah. Makanya belum berani untuk beli yang harganya di atas rata-rata. Beberapa merk sudah pernah saya coba, dan sejauh ini yang paling cocok adalah Wardah Witch Hazel Purifying Moisturizer.

Teksturnya yang Berupaya gel memang cocok untuk kulit berminyak, karena menyerap dengan cepat. Formulanya menurut saya belum terasa istimewa, hanya merupakan pelembap biasa saja. Efek yang dihasilkan oleh produk ini cenderung dewy atau glowing, bagus untuk dipakai di bawah riasan wajah.

5. Melindungi wajah dari paparan sinar matahari dengan sunscreen

Ini merupakan langkah wajib ya. Jangan harap semua produk di atas akan bekerja dengan baik tanpa perlindungan sinar matahari. Selain itu, melindungi kulit dari sinar matahari merupakan investasi jangka panjang karena menghindari kulit dari flek hitam dan kanker kulit.

Produk yang saya gunakan adalah L'Oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh SPF50 PA++++ (Rp 99.000-,). Sejauh ini hanya sunscreen dari L'Oreal yang tidak membuat wajah saya berminyak pada siang hari, pun tidak menyebabkan pori tersumbat.

Rangkaian Perawatan Kulit Berminyak dan Berjerawat | Siang Hari

Sebagai pemilik kulit sangat berminyak, kertas minyak wajib hukumnya untuk dibawa. Fungsinya untuk menyerap minyak berlebih tanpa merusak riasan wajah jika sedang menggunakannya. Untuk menjaga kesegaran kulit di sang hari, saya membawa facial spray agar dapat digunakan kapan pun saat kulit membutuhkannya.

Baca juga: Review Foundation LA Girl Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Rangkaian Perawatan Kulit Berminyak dan Berjerawat | Sore/Malam Hari

Rangkaian produk saat malam hari kurang lebih sama dengan rutinitas pagi hari, kecuali penggunaan sunscreen.

Untuk mengatasi kulit berjerawat, biasanya saya menggunakan obat totol jerawat di area yang berjerawat. Biasanya saya menggunakan Sariayu Intensive Acne Care (Rp 25.500-,) yang berbahan aktif sulfur atau OXY 10 (Rp 65.000-,) yang mengandung benzoyl peroxide untuk membantu proses penyembuhan jerawat.

Rangkaian Perawatan Mingguan Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat


Menggunakan sheet mask yang praktis dan tidak butuh waktu lama.
Untuk perawatan mingguan, gunakan masker agar wajah lebih segar. Sekarang banyak sekali produk masker lokal yang bagus dengan harga terjangkau. Jika malas menggunakan masker dengan formula krim atau bubuk, sheet mask adalah jawaban untukmu. Penggunaannya praktis dan tidak butuh waktu lama namun memberi efek yang lumayan baik. 

Saya tidak punya merk sheet mask favorit, tapi belakangan ini kerap menggunakan Garnier Serum Mask Hydrabomb varian Green Tea (Rp 15.000-,). Saat digunakan, ada sensasi tingling sebentar lalu hilang setelah beberapa detik. Wanginya lembut, tidak menimbulkan rasa pusing saat pemakaian. Harganya juga murah, official store-nya di ecommerce sering memberi promo bundling atau diskon.

Itu dia rangkaiann perawatan wajah berminyak dan berjerawat yang masih saya lakukan sampai Juni 2020. Semoga membantu untuk perawatan kulitmu juga ya!

Komentar

Postingan Populer