#FundamenStyle: Tips Perawatan Diri Dari Tom Ford


Tom Ford. | Foto: GQ


Saya termasuk dalam golongan orang yang cukup banyak bereksperimen dengan gaya. Dari tahun ke tahun, gaya berpakaian saya berubah-ubah sesuai dengan keinginan. Saya yakin beberapa di antara kalian ada yang sama seperti saya; sibuk memikirkan baju apa yang dipakai, sepatu merk apa yang baik untuk penampilan, dan pertimbangan gaya sejenis. Namun demikian, seiring berjalannya waktu saya sadar telah melupakan hal-hal dasar dalam gaya: grooming.  

Pada Cambridge Dictionary, kata grooming diartikan sebagai the things that you do to make your appearance clean and neat, for example brushing your hair, or the things that you do to keep an animal's hair or fur clean and neat. Ada dua kata kunci pada definisi tersebut; bersih (clean) dan rapi (neat).

Foto: The Talks


Ihwal Pentingnya Perawatan Diri

Sebuah riset berjudul The effect of personal grooming on self-perceived body image (PDF) yang dilakukan oleh Van Passchen et. al. pada 2015 memaparkan bahwa penggunaan wewangian (parfum dan deodoran) memberi pengaruh secara psikologis pada tingkat kepercayaan diri. Bahkan, indra penciuman ini dapat meningkatkan kepercayaan diri tanpa mengubah tampilan fisik seseorang.

Stephen De Loach, profesor ekonomi dari Elon University di North Carolina pernah menemukan fakta bahwa personal grooming berhubungan dengan peningkatan pendapatan seseorang. Laki-laki yang menghabiskan waktu 80 menit sehari untuk perawatan diri memiliki tingkat penghasilan empat persen diatas rerata.

Penampilan yang bersih dan rapi menunjukkan seseorang peduli degan kepribadiannya, sehingga meningkatkan agreeableness (kesesuaian) dan conscientiousness (kualitas kerja).

Ketika kita sudah tahu mengenai betapa besarnya pengaruh perawatan tubuh pada kepercayaan diri dan penghasilan, saatnya berguru pada ahlinya, Tom Ford.

Tom Ford dan Tata Cara Perawatan Diri

Tom Ford adalah panutan laki-laki metroseksual yang tampil apik dan maskulin. Penampilannya melambangkan kemewahan dan prinsip tegas. Kendati demikian, Tom Ford memiliki falsafah perawatan diri yang tidak rumit dan relatif mudah untuk ditiru. 

Sejalan dengan temuan penelitian di atas, Tom Ford meyakini bahwa perawatan diri bukanlah tentang mengubah tampilan fisik, melainkan usaha untuk tampil denna versi terbaik. Mulai dari wajah hingga rambut kemaluan, Tom Ford membagi rahasianya.





Mandi. Tom Ford mandi tiga kali sehari. Setelah bangun tidur, setelah sarapan pagi, dan saat tiba di rumah setelah kerja. Baginya, mandi adalah ritual yang members efek relaksasi.

Perawatan Wajah. Saya tidak tahu apakah pernyataan bahwa Tom Ford menggunakan produknya sendiri adalah benar. Namun, langkah perawatan wajahnya tidak serumit sepuluh langkah perawatan ala Korea. Membersihkan wajah dan exfoliate adalah rutinitas wajib sebelum dan setelah beraktifitas. Pelembap dan tabir surya jadi produk yang melengkapi perawatan wajah.

Pancaran Mata. Mata yang berbinar sama pentingnya dengen senyum indah. Tom Ford menyisipkan cairan penyegar mata pada rutin hariannya.



Tom Ford memiliki falsafah personal yang komprehensif nutuk perawatan diri.
Foto: CFDA

Kesegaran Mulut. Pada tingkatan ekstrem seorang Tom Ford, menjaga nagas tetap segar dilakukan dengan cara menghindari makanan berbau tajam seperti bawang. Dia juga menjaga kesegaran mulutnya dengan menggosok gigi dengan rutin dan mengunyah permen karet. Satu syarat jika ingin melakukan saran yang terakhir adalah tidak mengunyahnya di depan publik.

Wewangian. Untuk Tom Ford yang hidup di negara empat musim dan tingkat kelembapan udara tidak setinggi Jakarta, penggunaan deodoran bisa jadi bukan sesuatu yang penting. Alasan Tom Ford beranggapan demikian adalah asumsi aroma keringat yang seksi. Dia memilih nutuk menggunakan cologne di seluruh badannya. 

Namun, untuk laki-laki yang hidup di daerah tropis, masalah keringat berlebih adalah sesuatu yang mengganggu. Penggunaan deodoran dan parfum sesuai dengan kepribadian dapat mengatasi masalah keringat berlebih dan meingkatkan kepercayaan diri.

Kuku Tangan dan Kaki. Kuku yang bersih terawat dengan manicure dan pedicure rutin dapat memastikan kebersihan tangan, lancarnya sirkulasi darah pada tangan dan kaki, juga mengeliminasi  bau tidak sedap pada kaki. Satu bulan sekali cukup untuk memulai perhatian pada kedua bagian tubuh yang setiap hari bekerja keras namun sering terlupakan perawatannya.

Rambut di Wajah. Jenggot yang dicukur rapi dapat mempertajam penampilan wajah untuk kesan maskulin, bahkan untuk rahang yang lembut sekalipun. Selain jenggot, alis yang berberis rapi akan membingkai wajah dengan baik. Cukur alis dengan tweezer untuk menghindari kesan feminin.

Rambut Kemaluan. Pada sebuah wawancara dengan GQ UK, Tom Ford mengakui kalau dirinya benci dengan rambut kemaluan yang dicukur habis. Bagi pria dewasa berpasangan, Tom Ford menyarankan untuk bersepakat dengan pasangan mengenai pilihan ini.

Seluruh tips dan trik perawatan diri yang diberikan oleh Tom Ford sangat familiar dan dekat dengan kebersihan diri. Saya merasa daftar di atas tida sulit dilakukan, hanya butuh kedisiplinan disela-sela kesibukan. Fakta bahwa langkah perawatan diri berhubungan dengan penghasilan dapat menjadi motivasi utama untuk mulai melakukan perawatan diri yang lebin menyeluruh. 

Apa tips dan produk perawatan diri favoritmu?


Sumber Bacaan
[1.] Van Passchen et. al. (2015). The effect of personal grooming on self-perceived body image. International Journal of Cosmetic Science, p. 108 - 115.
[2.] Chad Brooks (2011). Clothes and Personal Grooming can Affect Earnings. Live Science.
[3.] OR Gotham (2015). The Tom Ford Cleanse. Into The Gloss.
[4.] Jesica Punter (2011). Ford's Focus. GQ Magazine UK.
[5.] GQ Editors (2013). Tom Ford's 10 Grooming Commandments. GQ Magazine UK.
[6.] Geoff Nudelman (2020). Why Men Should Get Manicures and Pedicures. Ask Men.




***** Temukan lebih banyak konten di www.justianedwin.com *****











Komentar

Postingan Populer