Makeup Ringan untuk Aktivitas Sehari-Hari dengan Mineral Botanica

07.07


Produk Mineral Botanica yang saya beli. Ada produk Make Over karena saya membelinya di hari yang sama.

Mineral Botanica sudah lama menjadi incaran saya untuk dipakai sehari-hari. Beberapa ulasan dari blogger atau vlogger mengakui kehebatan produk brand yang kerap disebut mica ini. Jika bisa dirangkum, Mineral Botanica dapat dikategorikan sebagai sebuah merk kosmetik lokal yang ringan dan mudah didapat. Banyak drugstore dan online shop yang menjual rangkaian produk Mineral Botanica. Selain itu, harganya lumayan terjangkau. Produk Mineral Botanica dapat kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp 50.000-an saja.

Saya mendapatkan produk Mineral Botanica dari website resminya. Prosesnya mudah dan cepat. Hanya saja, customer service-nya sulit sekali dihubungi. Saya baru mendapat jawaban terkait resi sekitar sehari setelah saya chat via WhatsApp. Namun demikian, proses pengiriman berjalan lancar.

Produk Mineral Botanica setelah dikeluarkan dari kotaknya.


Berbelanja kosmetik tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan. Yang saya cari adalah produk yang dapat menyelesaikan atau menutupi masalah di wajah saya, yakni jerawat dan bekasnya. Mineral Botanica punya beberapa produk untuk hal ini. 

Produk dekoratif dari Mineral Botanica yang saya pilih adalah Air Cushion Foundation Matte Finish, Radiant Instant Cover Concealer, Original Loose Foundation, dan Two Way Cake Foundation. Untuk semua produk tersebut, total belanjaan saya sekitar Rp 367.000.

Hari Jumat lalu, saya melakukan tes 12 jam pada produk-produk tersebut. Mari kita ulas satu-satu produknya!

Mineral Botanica Air Cushion Foundation Matte Finish - Beige

 

Mineral Botanica Air Cushion Foundation Matte Finish


Saya berharap produk ini juga hadir dalam kemasan berwarna hitam, tapi tak apa. Warna putih juga tetap terlihat elegan. Saat saya buka, saya khawatir cushion ini warnanya terlalu gelap karena cushion-nya berwarna cokelat gelap! Saat diaplikasikan, untunglah warnanya pas, bahkan sangat pas! 

Foundation ini membuat saya lupa kalau sedang memakainya. Teksturnya sangat ringan dengan coverage medium, tapi dapat ditambah jika ingin coverage lebih. Hasilnya matte, tetapi tidak flat matte. Satu kata untuk foundation ini: nyaman! Cushion Mineral Botanica ini sudah ada UV Filter, jadi merasa aman memakainya. 

Setelah 12 jam memakainya, tidak ada yang berubah dengan foundation ini. Tidak bergeser atau mengambang karena minyak. Pun tidak oxidize sama sekali di kulit saya. Masih tetap terasa sangat nyaman. Kemampuan menahan minyaknya bukan yang terbaik, namun setidaknya ia bertahan di wajah saya.

Mineral Botanica Radiant Instant Cover Concealer (Natural)


Mineral Botanica Radiant Instant Cover Concealer


Mineral Botanica adalah satu dari sedikit produsen kosmetik lokal yang berani mengeluarkan concealer. Konon, seri Studio pada produk Mineral Botanica merupakan seri makeup profesional. Ada beberapa produk lain seperti cream foundation, lipcream, dan lain-lain.

Swatch concealer Mineral Botanica


Concealer ini teksturnya sangat creamy, tapi bisa membaur dengan baik di bawah mata tanpa creasing. Saya suka dengan konsistensinya. Coverage yang dihasilkan pada satu layer penggunaan sudah cukup untuk kantung mata saya yang tidak terlalu gelap. Saya memakai 2 dots saja pada saat mencobanya. 

Dicoba selama 12 jam, concealer besutan Mineral Botanica ini tidak creasing atau luntur. Untuk concealer pada rentang harga Rp 60.000-an, kualitasnya patut diapresiasi.

Mineral Botanica Original Loose Foundation (Natural)


Mineral Botanica Original Loose Foundation


Awalnya saya bingung kenapa namanya 'loose foundation'. Saya termasuk orang yang tak percaya kalau bedak tabur punya kemampuan menutupi kekurangan pada wajah. Tapi ternyata, bedak ini punya kemampuan coverage yang mumpuni. Partikelnya sangat halus, seperti formula two way cake yang dihancurkan saja. Makanya dia punya coverage lumayan. 

Ada beberapa pilihan warna, dan yang saya lihat dari video di Youtube-nya @inivindy, warna paling gelap bisa digunakan untuk contour! Juga berdasarkan tips pada video tersebut, jangan menggunakan bedak ini untuk baking, karena ada kemungkinan membuat riasanmu jadi terlalu berat. Jadi sebaiknya gunakan untuk setting seluruh wajah langsung setelah proses pembauran foundation selesai.

Mineral Botanica Two Way Cake Foundation (Ebony)


Mineral Botanica Two Way Cake Foundation yang saya gunakan untuk bronzer


Saya membeli produk ini bukan untuk dipakai sebagai setting powder atau touch up, tapi untuk jadi pengganti bronzer, karena warnanya gelap. Sebenarnya saya agak khawatir jika produknya tidak sama dengan yang di web, tapi saya senang sekali saat membukanya, karena benar-benar cokelat tua dengan tone warm, jadi seperti bronzer.

Teksturnya sangat creamy dan saya yakin kalau beli warna senada dengan kulit, bedak ini punya coverage lumayan. Mungkin setara Wardah atau Make Over. Produk ini tak terlalu bertahan lama jika digunakan untuk contour, mungkin karena memang bukan kegunaannya. Saya juga menggunakannya dalam jumlah sangat sedikit. 

Overall, saya sangat puas dengan produk dari Mineral Botanica. Semua produknya digarap dengan sangat serius dan komprehensif, mulai dari packaging sampai formulasi dan warna. Dengan harganya yang terjangkau, saya akan coba produk Mineral Botanica yang lain.


1 komentar:

  1. Never tried Mineral Botanica before, but seems like a pretty simply good product to try ya :)
    Haha aku pakai makeover juga x





    www.arindapuspitasari.com

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.