Buat yang Masih WFH: 3 Tips Lembur Paling Penting!

Foto: Unsplash/@KevinBhagat


Sadar nggak sih kalau makin dewasa, makin mengerti cara badan dan otak kita bekerja? Ada orang yang aktif banget pagi hari mirip dengan sekelompok orang sukses di The 5AM Club (baca di sini ya detailnya, mungkin nanti saya akan ulas bukunya!). Ada juga yang aktif saat malam hari karena merasa lebih sedikit gangguan saat berkarya atau bekerja. Anyway, keduanya pasti pernah sama-sama merasakan satu hal: lembur.

Selama pandemi, kita semua tahu kalau semua orang berusaha keras mempertahankan pekerjaannya. Kita menjaga semua performa agar perusahaan tetap berjalan dengan baik. Namun, jam kerja itu kadang jadi tidak ada batasan. Beberapa kali harus lembur karena proyek bertambah agar tidak merugi. Ya tidak apa-apa, namanya juga usaha. 

Ada dua hal penting yang perlu kita perhatikan saat lembur; kesehatan dan produktivitas. Bagaimana caranya? Baca terus sampai habis ya!


Hindari Distraksi


Walau kamu merasa bekerja malam hari lebih tenang, distraksi tetaplah ada. Live streaming, Youtube sampai baca komik bisa jadi distraksi banget saat kerja! Ngerti banget internetan sepuasnya adalah hak segala bangsa, tapi hindari dulu hal-hal tersebut agar kamu lebih fokus. Dengarkan musik favoritmu tapi jangan yang top 40 karena nanti malah jadi karaoke. Saya suka mendengar lagu citypop untuk mood yang bagus tanpa karaoke!




Siapkan Minuman dan Camilan


Hati-hati dengan apa yang kamu asup selama bekerja malam. Sebisa mungkin hindari kopi dan makanan gula berlebih, nanti rencana glow up kamu gagal karena berat badan naik atau malah sakit asam lambung. Mungkin lembur sesekali nggak salah, tapi apa yang kamu asup penting banget untuk menjaga kesehatan.


Foto: Unsplash/@BrookeLark


Nah, ini dia tantangannya. Banyak yang berpikir lembur adalah alasan utama penyakit, tapi kadang makhluk bernama lembur nggak bisa kita hindari. Yang bisa kita kontrol adalah apa yang kita makan dan bagaimana produktivitas kita tercapai dengan baik tanpa distraksi. Maksimalkan hal yang bisa kita kontrol dulu ya.


Mulai dari hal-hal sederhana, misalnya siapkan camilan sehat seperti buah atau segenggam kacang almond agar kamu tidak lemas dan kelaparan. Kalau perlu minum suplemen ya supaya kuat lembur dan tidak sakit atau lemas besok paginya.


Pastikan Koneksi Internet Cepat


Aduh, ini dia salah satu penghambat produktivitas. Bayangkan saja kalian sedang asyik download materi kreatif untuk klien atau ikut webinar di Amerika (sungguh banyak yang bisa kalian eksplor tapi tengah malam waktunya), eh internetnya mati nyala! Sungguh bikin naik darah. 


Daripada produktivitas terhambat, pastikan provider kalian mengerti kalau banyak manusia malam yang butuh koneksi internet cepat pada malam hari sampai pagi buta. Yang terakhir saya coba dan memuaskan adalah smartfren Unlimited. Koneksi smartfren Unlimited, saat dicoba untuk keperluan pekerjaan dan hiburan malam hari, nggak ada masalah sama sekali. Artinya bisa digunakan untuk semua aplikasi, tanpa batasan.


Sudah dicoba pakai Speed Test juga!


Koneksi lancar itu termasuk di kamar saya yang koneksi internet provide apapun pasti jelek banget! Ternyata memang jangkauannya nasional, jadi bahkan kamu yang di daerah terpencil bisa juga pakai koneksi smartfren Unlimited karena bisa di semua lokasi.


Soal waktu untuk malam hari, saya baru tahu kalau smartfren Unlimited punya Extra Unlimited Malam Full Speed yang aktif setiap pukul 01.00 - 05.00. Ini dia waktu utama saya baca riset sampai menyusun draft strategi untuk klien! Yang saya rasakan, koneksi smartfren membuat #MalamJadiExtra produktif, full speed nggak pakai buffer atau baper karena koneksi jelek. 


Supaya #MalamJadiExtra, You guys might want to try Starter Pack Kartu Perdana Unlimited dan Kartu Perdana Kuota Nonstop from smartfren. Worry not, karena semua update soal sisa kuota bisa kamu cek di Aplikasi MySF yang bisa kamu download di Appstore.



Komentar

Postingan Populer