Pertama Kali ke Jogjakarta? Ikuti Eat Local Guide ini!

"Shop Local. Eat Local. Spend Local. Enjoy Local"

Kuliner Lokal Jogjakarta
Makan di Mana Jogja? | Courtesy of travel.detik.com


Berwisata ke Jogjakarta tidak melulu tentang Kraton atau Kaliurang. Selain tempat wisata alam dan budaya, Jogja punya segudang tempat makan yang akan membuat lidahmu bergoyang. Dengan identitas kuliner murah, Jogja memanjakan setiap orang yang berkunjung. Tak heran, sepulang dari Jogja, kita selalu ingin kembali.

Sebelumnya, saya dalam Bitter and Sour Vol. 2 sudah membahas mengenai salah satu kedai kopi paling diminati di Jogja, Epic Coffee and Epilogue. Tapi apalah artinya kalau hanya mencoba satu tempat saja.

Kini, saya akan memberikan rekomendasi mengenai spot kuliner yang bisa didatangi jika sedang singgah di Jogjakarta. Dari kedai kuliner lokal hingga bar pinggir jalan, semua ada! Cocok untuk kamu yang belum banyak menjelajah kota sultan ini.

Bakmi Pak Pele - Alun-Alun Utara

Bakmi Pak Pele, kuliner lokal Jogja yang selalu ramai.

Bakmi Pak Pele ini sudah terkenal minta ampun. Kalau datang ke sini saat akhir pekan, jangan datang dalam keadaan super lapar, karena antreannya lumayan membuat laparmu bertambah. Bakmi Pak Pele berlokasi di Alun-Alun Utara, lokasi yang tidak seramai Alun-Alun Selatan. Saat bakminya tiba, saya tidak menyangka kalau bakmi ini seenak itu. Rasanya terbayar menunggu berlama-lama. Review saya tentang Bakmi Pak Pele ada di Foody ya!

Hani's Bakery and Restaurant - Prawirotaman

Hasil plating mbak di Hani's Bakery and Restaurant. Super!

 Kedai penjual roti ini direkomendasikan oleh Amrie, rekan kerja saya di Pamflet. Hani's Bakery and Restaurant adalah salah satu penjual roti artisan di Jogja. Varian roti yang dijual sangat beragam, mulai dari roti dari mix grain hingga apple pie. Favorit saya adalah roti mix grain dan brownie-nya.

Walaupun namanya sama, Hani's bakery and restaurant berada di tempat terpisah. Kamu perlu jalan sedikit (ya, cuma sepuluh dua puluh langkah ke utara) untuk sampai di restorannya. Saat tiba di sini dengan bungkusan roti, pelayan di Hani's Bakery and Restaurant langsung menawarkan plating roti dan kue saya. Cukup mengejutkan, hasilnya bak gaya plating restoran bintang lima! Ia menambahkan garnish berupa strawberry dan selai. Super nice!

Lotek Colombo Bu Bagyo - Jl. Sagan

Lotek dan Gado-Gado Colombo Bu Bagyo

Kalau yang ini rekomendasi dari Community Manager Foody Jogja, Ines. Letaknya tepat di seberang Rumah Kreatif Jogja di daerah Sagan. Warung ini selalu tampak ramai dari luar. Percayalah, kamu tidak akan menyesal mencoba lotek di sini. Bumbu kacangnya memiliki konsistensi yang pas dan sayurnya jelas sayur segar. Yang kayak gini yang membuat makanan khas Indonesia gak pernah ketinggalan dalam dunia per-salad-an!

Legend Coffee - Jl. Abu Bakar Ali

Legend Coffee - Coffee Shop 24 Jam Jogja | Courtesy of nongkrongyk.blogspot.co.id

 Dulu, saya dan beberapa kawan lupa memesan hotel transit. Ternyata, kami tiba di Jogja pukul 03.00! Jadilah kami singgah dulu di kedai kopi ini. Esoknya saya berencana ke sini lagi untuk bekerja, tapi ternyata penuh. Kedai kopi yang berlokasi di Jl. Abu Bakar Ali ini memang selalu ramai pengunjung karena tidak pernah tutup dan harganya yang terjangkau. Nongkrong berjam-jam jadi lebih asik!

Banana Cafe & Resto - Jl. Parangtritis

Banana Cafe & Resto Jl. Parangtritis | Courtesy of makandijogja.com

 Kalau mencari minuman beralkohol, kamu bisa ke sini. Karena lokasinya di pinggir jalan, kamu tidak perlu dress up. Suasana di cafe ini sangat bersahabat. Kita dengan mudah berinteraksi dengan pengunjung lainnya, termasuk turis asing.

Bagaimana? Ingin pergi ke mana? Tenang, masih ada sederet kuliner lokal legendaris di Jogja yang lain yang bisa kamu coba! Selamat berlibur!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.